Tuesday, April 1, 2014

Skripsi Pendidikan Bahasa Arab (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS FLASH)

Skripsi Pendidikan Bahasa Arab (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS FLASH)

Judul Skripsi:

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS FLASH DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB : Studi Eksperimen Kuasi Siswa Kelas X SMA Pasundan 2 Bandung Tahun Ajaran 2012/2013

Abstrak:

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman peneliti dan banyaknya siswa yang merasa kesulitan dalam menguasai kosakata bahasa Arab. Kesulitan siswa itu bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, diantaranya adalah latar belakang pendidikan siswa yang berbeda-beda serta kejenuhan siswa ketika belajar. Kejenuhan ini bisa saja timbul karena minat dan motivasi siswa yang lemah. Mengingat pentingnya penguasaan kosakata dalam keilmuan bahasa Arab, maka masalah tersebut harus segera disikapi dan dicarikan solusinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menciptakan suasana belajar mengajar yang interaktif, partisifatif dan memicu kemampuan pemahaman siswa. Oleh karena itu, peneliti menggunakan media Audio Visual berbasis Flash. Media pembelajaran ini menggabungkan kerja otak kiri dan otak kanan sehingga menjadikan siswa lebih aktif dan kreatif juga dapat meningkatkan daya ingat siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kuantitatif melalui pendekatan Kuasi-eksperimen, dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini, peneliti memilih anggota kelompok eksperimen dan anggota kelompok kontrol masing-masing 30 orang di kelas X SMA Pasundan 2 Bandung tahun ajaran 2012/2013. Selanjutnya kelompok eksperimen dikenai perlakuan (treatment) yaitu media Audio Visual berbasis Flash, sementara kelompok kontrol tidak menerima perlakuan yang sama. Berdasarkan hasil nilai rata-rata Pre-Test di kelas Eksperimen dan Kontrol yaitu 54 dan 53, dan hasil nilai rata-rata Post-Test di kela eksperimen dan control yaitu 76 dan 87. Adapun pengujian hipotesis Post-test kedua kelas tersebut. Setelah dilakukan uji Mann Whitney U-test dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh asymp. Sig (2-tailed) 0,00. Kriteria pengujian adalah terima Ha jika < 0,05. Dengan demikian dapat dibuat keputusan Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Audio Visual berbasis Flash dalam peningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab lebih efektif dibandingkan dengan penerapan metode konvensional tanpa penggunaan media pembelajaran tersebut. Kata Kunci : Media Audio Visual , flash , Kosakata Bahasa Arab. 

Link Download:

[img]Text
S_ARB_0907311_Title.pdf 

Download (363Kb) | Preview
    [img]Text
    S_ARB_0907311_Abstract.pdf 

    Download (205Kb) | Preview
      [img]Text
      S_ARB_0907311_Table of Content.pdf 

      Download (652Kb) | Preview
        [img]Text
        S_ARB_0907311_Chapter1.pdf 

        Download (422Kb) | Preview
          [img]Text
          S_ARB_0907311_Chapter2.pdf
          Restricted to Staf Perpustakaan 

          Download (613Kb)
            [img]Text
            S_ARB_0907311_Chapter3.pdf 

            Download (886Kb) | Preview
              [img]Text
              S_ARB_0907311_Chapter4.pdf
              Restricted to Staf Perpustakaan 

              Download (1075Kb)
                [img]Text
                S_ARB_0907311_Chapter5.pdf 

                Download (583Kb) | Preview
                  [img]Text
                  S_ARB_0907311_Bibliography.pdf 

                  Download (238Kb) | Preview
                    [img]Text
                    S_ARB_0907311_Appendix.pdf
                    Restricted to Staf Perpustakaan 

                    Download (464Kb)

                    Artikel Terkait

                    Skripsi Pendidikan Bahasa Arab (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS FLASH)
                    4/ 5
                    Oleh

                    Berlangganan

                    Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email