Tuesday, April 1, 2014

Skripsi Pendidikan Bahasa Arab (PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN KOSAKATA)

Skripsi Pendidikan Bahasa Arab (PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN KOSAKATA)

Judul Skripsi:

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA ARAB: Study Eksperimen Kuasi Terhadap Anak Usia Prasekolah TK Firdaus Percikan Iman Bandung Tahun Ajaran 2012/2013

Abstrak:

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penguasaan kosakata yang dimiliki oleh siswa TK Firdaus Percikan Iman Bandung sehingga mereka kesulitan dalam mempelajari bahasa Arab. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dalam upaya meningkatkan hafalan kosakata siswa dengan cara menggunakan media gambar. Dalam pelaksanaannya, peneliti menggunakan metode eksperimen kuasi nonekuivalen randomized control group design, yang melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peneliti memilih sampel total yakni jumlah keseluruhan siswa kelompok B TK Firdaus Percikan Iman Bandung yang berjumlah 32 siswa. Adapun pembagian kelompok yakni kelas Lebah Ratu 1 merupakan kelas eksperimen yang berjumlah 16 siswa, dan kelas Lebah Ratu 2 merupakan kelas kontrol yang berjumlah 16 siswa Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1.Pengajaran bahasa Arab khususunya tentang kosakata (mufrodat) dengan menggunakan media gambar sangat efektif dan efisien dalam meningkatkan penguasaan bahasa Arab siswa TK Firdaus Percikan Iman Bandung Kelompok B, terbukti dengan perbedaan beda rata-rata sebesar 142,5 bagi kelompok eksperimen dan hanya 121,5 bagi kelompok kontrol. 2.Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kosakata bahasa Arab dengan mempergunakan media gambar dengan pengajaran biasa (tanpa menggunakan media gambar). Dengan menggunakan uji “t” terbukti bahwa: dari df sebesar 32 diperoleh harga thit sebesar 6,0. Sementara pada taraf signifikan 5% harga ttab sebesar 0,811 dan pada taraf signifikan 1% harga ttab sebesar 0,917, sehingga harga thit jauh lebih besar dari harga ttab baik pada taraf signifikan 5 % maupun 1% (6,0 > 0,917> 0,811). Maka Ha= χ¹ ≠χ² maka hipotesis diterima yaitu adanya pengaruh media gambar terhadap kemampuan kosakata bahasa Arab.

Link Download:

[img]Text
S_ARB_0900459_TITLE.pdf 

Download (272Kb) | Preview
    [img]Text
    S_ARB_0900459_ABSTRACT.pdf 

    Download (284Kb) | Preview
      [img]Text
      S_ARB_0900459_TABLE OF CONTENT.pdf 

      Download (358Kb) | Preview
        [img]Text
        S_ARB_0900459_CHAPTER1.pdf 

        Download (675Kb) | Preview
          [img]Text
          S_ARB_0900459_CHAPTER2.pdf
          Restricted to Staf Perpustakaan 

          Download (589Kb)
            [img]Text
            S_ARB_0900459_CHAPTER3.pdf 

            Download (680Kb) | Preview
              [img]Text
              S_ARB_0900459_CHAPTER4.pdf
              Restricted to Staf Perpustakaan 

              Download (1113Kb)
                [img]Text
                S_ARB_0900459_CHAPTER5.pdf 

                Download (418Kb) | Preview
                  [img]Text
                  S_ARB_0900459_BIBLIOGRARPHY.pdf 

                  Download (517Kb) | Preview
                    [img]Text
                    S_ARB_0900459_APPENDIX.pdf
                    Restricted to Staf Perpustakaan 

                    Download (280Kb)

                    Artikel Terkait

                    Skripsi Pendidikan Bahasa Arab (PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN KOSAKATA)
                    4/ 5
                    Oleh

                    Berlangganan

                    Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email